Selamat Berkunjung Di Blog Forkompas

Senin, 04 Februari 2013

BETAPA MALANG NASIB PEREMPUAN PAPUA KINI DAN MASA MENDATANG( sebuah opini tenatng perempuan Papua )


koya, amole, amanoae, amolongo, yefmum, tabea, nayaklak, wiwao, poi, kosa, koha, .........kam lanjutkan sudah...

Foto: Selvi Yeimo. Dkk...
 '' Awal penciptaan manusia ( lih kej 1:26 - 28)  manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Di kejadian pasal 2 kita akan menemukan bunyi ayat " Tidak baik jika manusia itu seorang diri saja, baiklah kita menjadikan seorang penolong baginya" maka Diciptakan-Nya seorang penolong yang sepadan dengan dia.

Penolong jika diterjemahkan artinya yang lebih kuat.

Perempuan itu unik diciptakan, dijagad raya ini . Jika tidak ada yang namanya makhluk perempuan, maka dunia hingga saat ini hanya diuni oleh satu orang yaitu Adam. Itu semua dalam rancangan besar Tuhan.
Semua perempuan yang tersebar di lima benua besar dan beribu pulau ini begitu komplex dan unik. Ada yang yang memiliki kulit berwarna putih, hitam , merah dll. Begitu pula dengan rambut kejur, keriting,lurus dan lain- lainnya.

Dari sekian banyak perempuan  dibumi ini , ada perempuan - perempuan hebat , tegar, kuat , istimewa dan sederhana yang pijakan kakinya di pulau yang berbentuk Burung cenderawasih ini. Memiliki kulit yang hitam namun manis, berambut keriting  namun istimewa. Para perempua yang menikmati awal datang dan terbitnya sang ratu siang , para perempuan yang awal merasakan dinginnya pagi ketika melangkah kan kakinya menuju laut/ danau, para perempuan yang merasakan embun pertama ketika melangkah untuk berladang dan merasakan kicauan burung ketika hendak menogok sagu. Begitu kuat merekA ini, bagi perempuan lain kamu menikmati mentari itu nomor kedua dan terakhir ( jangan berkecil hati, ini bagian dari rasa bangga kami saja)

Bagi Bangsa papua secara umum seorang perempuan memiliki NILAI YANG TINGGI." menurut salah satu dosen saya "dalam kebudayaan harga niali seorang perempuan begitu tinggi karena mereka HARUS MEMBELI MARGA dari perempuan tersebut " Dengan demikian begitu berharganya PEREMPUAN papua. Dibanding dengan perempuan lainnya " perempuan lain akan berkata " asalkan kamu bisa berikan saya makan " namun berbedah dengan perempuan Papua.

Perempuan papua memiliki harga diri  dan martabat yang Tinggo . olehnya jika  hingga saat ini bagi perempuan papua yang hanya di tolak Lelaki hendak mengakhiri hidup, putus asa, menjual diri dengan sepiring nasi ...STOP. Ko dan sa sangat BERHARGA DAN Memiliki nilai yang tinggi. Ko dan sa begitu kuat. HITAM KULIT DAN KERITING RAMBUT, KESEDERHANAAN DIRI  KITA tidak jadi halangan untuk kita BERKICAU dipagi hari tatkalah mentari terbit di atas tanahmu,tanahku DAN TANAH kita .


Kita sebagai perempuan papua harus berhati- hati jika suami dapat jabatan dan sering keluar dinas ( tidak bermaksud untuk  merusak dan membatasi para laki- laki), jangan sampai kebutuhan akan seks tak terkendalikan dan jajan sembarangan diluar , ya siapa  tahu virus yang amat kecil namun dapat menghabisi nyawa itu dapat menyerang kapan saja. ( saya menuliskan hal ini karena, belakangan dapat jabatan, acara kaget uang dengan maraknya pemekaran distrik, kabupaten, desa , kampung dll. , pergi jajan sembarangan diluar, isrti dan anak yang tidak tahu apa - apa jadi korban( bagi yang sudah berkeluarga) akhirnya anak dan ibu meninggal sia - sia.
Bagi yang masih single saya sarankan jaga hidupmu baik, cintailah gadis papua yang kau sayangi. JANGAN SEPERTI PLASDIS YANG mengadung virus...dan dapat merusak Computer KESAYANGAN ANDA AKIBAT dari colok sembarang diberbagai merek COMPUTER.  Perempuan papua butuh disayangi, butuh perhatian, bukan karena kami lemah seperti mba- mba diluar sana ( ampe sebelum mereka  tidur selalu menyanyi " BANG TOYIP- BANG TOYIB...." Pada umumnya perepuan PAPUA itu tegar, namin sebagai wanita butuh kasih sayang dari suami, pacar, orang- orang tersayang.

Tentu sebagai manusia pasti kami perempuan papua memiliki kekurangan ( kami sadar akan hal itu ) namu kangan jadika kekurangan kami itu sebagai bahan ejek dari kamu semua laki- laki Papua.
" INGAT HANYA LAKI- LAKI PAPUA YANG BISA MENGERTI PEREMPUAN PAPUA" ya karena kita diciptakan dari tanah yang sama.
HAI LAKI- LAKI PAPUA hargailah kami .....
sayangilah kami.....
mengerilah kami.....jangan kamu buat kami putus asa, jangan kamu buat kami berubah,hingga akhirnya kami MATI SIA - SIA tanpa melihat anak cucu kami karena PLASDIST YANG Mengandung VIRUS itu.
KAMI INGIN BEBAS BERSAMA KALIAN laki- laki Papua.....hargai kulit yang kami miliki..hargai rambut yang kami miliki saat ini...UNTUK kamulah kami diciptakan...Untuk bersama beranak cucu ( lih. kej 1: 27).
 Jangan kamu buat kami berubah KARENA KAMU LEBIH memilih PAHA PUTI, RAMBUT LURUS....... hargai kami....kamu juga kan dilahirkan oleh Perempuan papua kan ????? ( membuka dari apa yang terselubung dihati para wanita ASLI PAPUA)


Akhirnya saya hanya mau katakan bahwa kepada kita perempuan Papua bahwa ko dan saya begitu berharga, jika ada sikap dan karakter kita yang tidak disukai pria yang kita cintai MARI RUBAH ITU dengan kelembutan hati kita yang tersimpan dalam batin yang teramat dalam.Kita Perempuan papua harus bisa menguasai segala bidang. KITA BISA BERSAING dengan para perebut para lelaki Papua.
" Pokoknya mari tong ikat laki- laki  papua punya kaki  dengan sikap ramah, baik supaya dong jangan lari- lari jajan sembarang"

Mari kita terus belajar..belajar dan belajar.... Hai perempua Papua ko, saya, mereka, kami , kita SEMUA BISA....

Supaya jangan kita tinggal nama dipulau ini, jaga diri baik, jika hendak menikahlah, jangan jual diri denga sepiring nasi, kita harus banyak belajar...hargai diri sendiri.

" raja paling bERHIKMAT DALAM ALKITAB yang memiliki 1000 istri dari berbagai kerajaan dia JATUH CINTA KEPADA PEREMPUAN KULIT HITAM DARI NEGRI SYEBA " dAn raja salomo mengabadikan syair atas pujiannya dalam " kIDUNG AGNG 1 :5 " HITAM AKU NAMUN CANTIK "...
Kiranya TUHAN ELOHIM ISRAEL, YESUS RAJA ISRAEL RAJA BANGSA PAPUA DAN RAJA BANGSA2 , dan ROH KUDUS yang manis mempukan kita untuk berbenah diri "

( sebuah Opini tentang Perempuan papua dengan nasibnya)
By: Selvi_Y