Selamat Berkunjung Di Blog Forkompas

Minggu, 24 Februari 2013

P A P U A ALAM KU ALAM MU PENDERIAAN KU PENDERITAAN MU KEMISKINAN KU KEMISKINAN MU TANGGUNG JAWAB KU TANGGUNG JAWAB MU

Alam Negeri Papua memang tidak ada habis-habisnya. Masih banyak misteri keindahan yang ada di pulau raksasa ini. berbagai peninggalan sejarah dan keindahan ekosistemnya.Belum lagi keunikan tradisi masyrakat asli papua yang sudah kesohor higga mancanegara. Spesies burung Cendrawasih yang berbulu indah, hanya ada di papua. Buah Merah, yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, juga terdapat disana. Keindahan Papua memang tiada duanya.


Monday, February 25, 2013
Saya lahir di negeri ini, dari sepasang orang tua yang juga lahir di tanah ini. Tumbuh dan besar di negeri ini tanpa sekalipun pernah menginjakkan kaki ke negeri seberang atau negeri yang lebih jauh. Hingga umur setua ini saya belum banyak mendatangi jengkal demi jengkal negeri ini. Negeri ini terlalu luas untuk bisa dijelajahi, tapi juga terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja.
Negeri ini memang terlalu indah dan terlalu kaya sehingga ada sebagian orang yang kemudian menjadi terlalu rakus dan memaksakan kantongnya terisi oleh kekayaan dari negeri ini. Mereka punya kuasa, mereka punya modal dan mereka kemudian menggabungkannya jadi satu dalam balut keserakahan. Tinggallah mereka yang tak punya apa-apa yang kemudian merenungi negeri ini sebagai negeri yang kaya tapi aliran kekayaannya seperti sungai yang mengalir ke satu arah saja.
Negeri ini memang kaya, tapi negeri ini juga jadi tempat bagi jutaan orang yang mengeluhkan kemiskinan dan mengutuki hidup. Negeri ini indah, tapi juga jadi tempat jutaan orang mengais tanah dan sampah hanya untuk sekadar menyambung hidup selama sehari.
Semakin banyak saya berjalan di setiap jengkal negeri ini, semakin saya sadari indah dan kayanya negeri ini. Semakin saya sadari juga betapa banyaknya warga negeri ini yang dikecewakan mereka yang menganggap dirinya pemimpin.
Negeri ini indah dan kaya, banyak dari kita yang mencintainya. Tapi negeri ini juga membuat banyak dari kita yang lebih memilih untuk menjejakkan kaki di negeri seberang atau negeri yang jauh di sana untuk menyambung hidup. Sebagian di antaranya tidak berniat untuk kembali lagi. Mereka tahu negeri ini indah dan kaya, tapi mereka juga tahu kekayaan negeri ini hanya milik beberapa orang saja.
Inilah Papua, negeri di mana saya lahir dan besar. Inilah Papua, negeri di mana saya berharap bisa menutup mata di atas tanahnya. Semakin saya jauh berjalan menyusuri setiap jengkal negeri ini semakin saya menyadari kalau saya mencintai negeri ini.

Inilah Papua, negeri di mana saya lahir dan besar. Inilah Papua, negeri di mana saya berharap bisa menutup mata di atas tanahnya. Semakin saya jauh berjalan menyusuri setiap jengkal negeri ini semakin saya menyadari kalau saya mencintai negeri ini.
Negeri ini terlalu indah dan terlalu kaya.

                                                                                                  Oleh : Benny Gobay