Selamat Berkunjung Di Blog Forkompas

Kamis, 21 Februari 2013

PERCAYA DIRI ( Konteks Jati Diri Bangsa Papua)

Kebanyakan orang menganggap bahwa criteria orang yang percaya diri diri adalah sesosok figure yang sempurna dan mampu melakukan apa saja, atau memiliki penampilan fisik tanpa cacat sedikitpun. Mungkin di antara mereka ada beberapa orang yang minder karena memiliki kekurangan misalnya hidung pesek, tubuh mungil, rambut krebo,dll.
   10:40. Thursday, February 21,2013
Percaya diri dapat diartikan bahwa suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat di manfaatkan secara tepat. Psikolog W.H.Miskell di tahun 1939 telah mendefinisikan arti percaya diri dalam bukunya yang bertuliskan “ Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.” Tak lain halnya psikolog ultra kondang maslow yang berkata “Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri. Dengan percaya diri orang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri. Sementara itu, kurangnya percaya diri akan menghambat pengembangan potensi diri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain".

Saya rindu membahas Percaya diri dalam konteks " JATI DIRI"

Jika kita diciptakan TUHAN SANG khalik dengan keadaan kita saat ini  ( entah kamu kita dilahirkan dengan mata yang buta, tangan yang patah, telingah yang tuli , kulit yang hitam, rambut yang keriting, dari kampung terpencil, dan lain- lainnya) Apakah kita mau Protes sama Tuhan ????

Dengan ajukan pertanyaan tanda protes kepada Tuhan :
1. Tuhan kenapa saya punya rambut keriting, pendek ???kenapa tidak panjang dan lurus, kenapa tidak seperti orang kulit hitam lainnya didunia lain??
2 Tuhan kenapa kulit saya kasar dan hitam ? kenapa tidak cerah, halus dan putih??
3. Tuhan kenapa saya diciptakan dan tumbuh di pedalaman Papua dan daerah terpencil???kenpa tdk di kota besar agar saya bergaya ala Afrika, korea, dan lain2?
4. tUHAN Kenapa orang tua dan nenek moyang saya memakai moge, sali, koteka ( dan baju adat lainnya diPapua)


Jika kita ajukan Pertanyaan seperti itu apakah Tuhan TIDAK ADAIL?
BUKAN KAH DIA Punya rencana buat saya dan sudara indah dengan menciptakan kita seperti itu?
Apakah Tuhan salah menciptakanmu? sehingga kita mau memperbaikinya???(bagi yang kawin silang dengan ras dan rumpun lain  , REBONDING rambut, operasi kulit, sambung rambut, TINDIK lidah, hidung, bibir  dan lain - lain )

Jadiintinya pesan yang saya mau sampaikan disini bahwa, TAMPIL LAH PERCAYA DIRI DENGAN ALA KADARNYA SIAPA DIRIMU , dari mana kamu datang dan laihir, jangan lupa nenek moyangmu, dusunmu, honaimu, rumah adat mu, darimana margamu berasal dan sukumu"

JANGAN MAU JADI ORANG LAIN, JADILAH KO PEREMPUAN/LAKI- LAKI, ANAK KECIL, ORANG BESAR BANGSA PAPUA SEJATI .

" satu contoh yang saya tidak suka " ketika saya bertanya kepada teman saya yang suka sambung rambut " kenapa kamu mau sambung rambut, tindik2 segala???/trus dijawabnya " SAYA TIDAK PERCAYA DIRI KLO SA TIDAK UBAH KAYA GITU"
SAYA kagetttttt dan berkata " BEARATI KAMU TIDAK PD DENGA YANG ASLI , YANG DICIPTAKAN TUHAN BAGI KUM YACH, .....lalu teman saya terdiam dan tak membalas...

Sekali lagi...mari jagalah segala nya yang TUHAN BERIKAN SAMBIL MENGUCAP SYUKU. TANPA MENGUBAH SESUATU DARI DITIMU.....KAMU, SAYA DAMN MEREKA TETAP PAPUA TOO????
TAPI JANGAN AMPE KITA MAU MENGEJEK KEAJAIBAN TUHAN YANG ADA PADA RAMBUTMU, WAJAHMU, TUBUHMU, DAN GAYA HIDU[PMU.

 

Smoga tulisan ini bermanfaat bagi kita BANGSA PAPUA.....

HIDUP BANGSA PAPUA- RAS MELANESIA- RUMPUN NEGROID...

Mohon maaf jika ada kesalahan dan menyinggung pesaraan, saya hanya BERUSAHA MEMBANGUN KESADARAN KITA ditengan SEMUA SEOLAH -OLAH TIDAK SADAR.


Karya. Selfhy E. Yeimo